Sejarah dan Profil Klub Bola Liga Primer Everton FC. Everton Football Club merupakan klub yang didirikan pada tahun 1878 dan menjadi salah satu pendiri Liga Sepak Bola (Football League) pada tahun 1888 dan Premier League di tahun 1992. Mereka telah memecahkan rekor bermain di Divisi Satu Liga Inggris selama 108 musim.

 

Sejarah dan Profil Klub Bola Liga Primer Everton FC

 

Pertama kali didirikan klub ini bernama St. Domingo F.C yang mengambil nama dari gereja St. Domingo yang berada disekitarnya, agar para jemaat gereja dapat berolah raga di luar musim panas saat mereka tidak bermain kriket. Awal mulanya, tim ini bermarkas di Stanley Park yang tidak memiliki ruang ganti dan harus membawa tiang gawang sendiri ke lapangan. Klub ini berubah nama menjadi Everton pada tahun 1879 dan mulai memakai seragam ‘Royal Blue’ pada musim 1901/1902.

 

Mereka pertama kali meraih gelar liga pada musim 1890/1891. Setelah meraih lima gelar Liga dan dua Piala FA, prestasi Everton terhenti hingga tahun 1960an mereka baru bangkit dengan meraih dua gelar liga dan satu Piala FA yang merupakan periode tersukses Everton.

 

Pada tahun 1980an, Everton kembali menikmati periode kesuksesan. Pada musim 1984/1985, Toffees berhasil meraih Piala Winners UEFA yang merupakan satu-satunya gelar Eropa yang diraih Everton hingga saat ini. Setelah periode ini dan Tragedi Heysel, penampilan Everton menurun drastis hingga akhirnya David Moyes datang pada musim 2001-2002. Manajer asal Skotlandia ini berhasil menyelamatkan The Toffees dari degradasi.

 

Sejarah dan Profil Klub Bola Liga Primer Everton FC

 

Sejarah dan Profil Klub Bola Liga Primer Everton FC

 

Nama Lengkap : Everton Football Club

Julukan : The Tofees

Tanggal Berdiri : 1878

Stadion & Kapasitas : Goodison Park (40,122)

Pemilik & Pemimpin : Farhad Moshiri (49.9%), Bill Kenwright (12,2%), Jon Woods (8,9%) lainnya (29%) (Bill Kenwright)

Manajer : Ronald Koeman

 

Peraihan Gelar oleh Everton FC

Domestik : Liga Inggris (9x juara), Liga Divisi Satu (1x juara), Piala FA (5x juara), Piala Liga (runner up 2x juara), Charity Shield (9x juara), Full Members Cup (runner up 2x juara)

Eropa : Piala Winners UEFA (1x juara)